Minggu, 25 Mei 2014

Planets

Planet - Planet ( The Planets )

            Planet adalah benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri, berbentuk bulatan, dan beredar mengelilingi bintang ( matahari ). Sebagian besar planet mempunyai pengiring atau pengikut yang disebut Satelit yang beredar mengelilingi planet.

            Planet terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Pluto diturunkan statusnya sebagai kategori planet kerdil bersama - sama dengan Xena dan Asteroid Ceres. Dikarenakan Pluto memiliki kelemahan yaitu ukurannya sangat kecil, bentuk orbitnya memanjang dan memotong orbit Neptunus, sehingga dalam perjalanannya mengelilingi matahari Pluto kadang - kadang lebih dekat dengan matahari dibandingkan Neptunus. Sebuah benda langis bisa disebut planet apabila memenuhi 3 syarat yaitu :
·         Mengorbit matahari
·         Berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat
·         Memiliki jalur orbit yang jelas dan bersi
           
            Planet - planet yang ada di tata surya dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain :
§       Berdasarkan massanya
Planet bermassa besar ( Superior Planet ) terdiri atas Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Planet bermassa kecil ( Inferior Planet ) terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

§  Berdasakan jaraknya ke matahari
Planet dalam ( Interior Planet ) planet yang jarak rata - ratanya ke matahari lebih pendek dari pada jarak rata - rata planet bumi ke matahari. Terdiri atas Merkurius dan Venus.
Planet luar ( Eksterior Planet ) panet yang jarak rata - ratanya ke matahari lebih panjang dari pada jarak rata - rata planet bumi ke matahari. Terdiri atas Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

 

  v  Merkurius

Planet paling dekat ke matahari, suhu udara pada siang hari sangat panas, sedangkan malam hari sangat dingin. Akibat perbedaan suhu yang sangat besar planet ini tidak mempunyai atmosfer. Planet ini berukuran paling kecil, ukuranya hampir sama dengan bulan. Planet ini beredar mengelilingi matahari dalam suatu orbit eliptis dengan periode revolusinya sekitar 88 hari, sedangkan periode rotasinya sekitar 59 hari.




  v  Venus

Planet yang letaknya paling dekat ke bumi, dapat terlihat jelas dari bumi sebagai suatu noktah kecil yang sangat terang dan berkilauan menyerupai bintang pada pagi atau senja hari. Venus sering disebut sebagai bintang kejora. Periode rotasinya sekitar 244 hari ( sesuai arah jarum jam ), sedangkan periode revolusinya sekitar 225 hari.



v  Bumi

Planet yang berada pada urutan ketiga dari matahari. Periode revolusinya sekitar 365,25 hari, sedangkan periode rotasinya sekitar 23 jam 56 menit. Planet ini mempunyai satu satelit alam yaitu Bulan.








  v  Mars

Planet luar yang paling dekat ke bumi. Tampak sangat jelas dari bumi setiap 2 tahun 2 bulan sekali yaitu pada kedudukan oposisi. Planet Mars memiliki banyak kemiripan dengan bumi dengan adanya kehidupan. Periode rotasinya sekitar 24 jam 37 menit, sedangkan periode revolusinya sekitar 687 hari. Planet ini mempunyai dua satelit alam yaitu Phobos dan Deimos.





v  Jupiter

Planet terbesar di tata surya, terdiri atas materi dengan tingkat kerapatannya rendah, terutama hidrogen dan helium.Periode rotasinya sekitar 9 jam 50 menit, sedangkan periode revolusinya sekitar 11,9 tahun. Planet ini mempunyai tiga belas satelit alam diantarnya Ganimedes, Calisto, Galilea, Io dan Europa.






  v  Saturnus

Planet terbesar ke dua di tata surya. Periode rotasinya sekitar 10 jam 14 menit, sedangkan periode revolusinya sekitar 29,5 tahun. Planet ini memiliki tiga cincin tipis yang arahnya selalu sejajar dengan ekuatornya yaitu cincin luar, cincin tengah, dan cincin dalam. Planet ini mempunyai atmosfer sangat rapat terdiri atas hidrogen, helium, metana, dan amoniak. Planet ini mempunyai sebelas satelit alam diantaranya Titan, Rhea, Thetys, dan Dione.

  v  Uranus

Periode revolusinya sekitar 84 tahun, sedangkan periode rotasinya sekitar 10 jam 49 menit.  Atmosfernya dipenuhi hidrogen, helium dan metana. Planet ini mempunyai lima satelit alam yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. Planet ini sebagian besar massanya berupa gas dan bercincin terdiri atas partikel - partikel  gas yang sangat tipis dan redup.




  v  Neptunus

Planet superior dan letaknya paling jauh dari matahari. Periode revolusinya sekitar 164,8 tahun, sedangkan periode rotasinya sekitar 15 jam 48 menit. Atmosfernya dipenuhi oleh hidrogen, helium, metana dan amoniak yang lebih padat dibandingkan dengan Jupiter dan Saturnus. Planet ini mempunyai dua satelit alam yaitu Triton dan Nereid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar